Agus Raharjo - Ketua KPK Indonesia

Biografi Agus Raharjo - Ketua KPK Indonesia
Nama Agus Raharjo ramai dibicarakan oleh publik saat ini takkala dirinya resmi terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tanggal 17 Desember 2015. Agus Raharjo berhasil terpilih sebagai ketua KPK setelah komisi III DPR RI menggelar pemungutan suara untuk menentukan Ketua KPK selanjutnya menggantikan Abraham Samad yang sebelumnya menjabat sebagai ketua KPK. Agus Raharjo terpilih setelah mengumpulkan 44 suara mengungguli saingannya Irjen Pol Basariah Panjaitan yang mengumpulkan suara sebanyak 10 dari total suara sebanyak 54.

Biografi dan Profil Agus Raharjo Ketua KPK. Mengenai profilnya sendiri, beliau lahir di Magetan pada tahun 1956. sejak kecil Agus Raharjo tinggal di Magetan, Jawa Timur. Ia memulai sekolahnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kapolorejo di Magetan, tamat dari sana ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP dan SMA di Magetan, Jawa Timur. Tamat SMA, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi di ITS Surabaya jurusan Teknik Sipil. Setelah memperoleh gelar S1 nya dari ITS, ia kemudian melanjutkan pendidikannya di luar negeri dengan belajar di Cambridge, Amerika Serikat tepatnya di Arthur D. Little Management Education Institute. Ia kemudian tinggal dan bekerja di Amerika Serikat selama lima tahun. antara tahun 1995 hingga 1997 ia aktif sebaga pembicara di lembaga Internasional di Paris, Perancis.

Setelah kembali ke Indonesia, ia kemudian menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan menetap di Jakarta. Ia menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) di Kantor Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada tahun 2006. Kemudian pada tahun 2008, Agus Raharjo menjadi sekertaris Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang merupakan lembaga non-kementrian. Dan kemudian dua tahun setelahnya, agus Raharjo menggantikan Roestam Syarief sebagai kepala LKPP. Selain itu Agus Raharjo juga pernah menjabat sebagai direktur pendidikan Bappenas.


Agus Raharjo Terpilih Menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Agus Raharjo mulai bergabung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ketika ia bersama Ketua KPK saat itu yaitu Busyiro Muqodas mendeklarasikan kegiatan Anti Korupsi. Kemudian ketika Panitia Seleksi (Pansel) membuka pendaftaran seleksi pimpinan KPK, Agus Raharjo kemudian ikut mendaftarkan diri. Dari 500 pendaftar, ia masuk dalam delapan besar calon pimpinan KPK. Kemudian Panitia seleksi melakukan seleksi administrasi, uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh komisi III DPR RI bersama dengan badan pemerintah lainnya seperti PPATK, Polri, BIN, dan kejaksaan Agung sehingga pada tanggal 17 Desember 2015, Agus Raharjo terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru dengan masa jabatan dari 2015 hingga 2019. Ia terpilih sebagai ketua KPK setelah mengalahkan saingannya Basariah Panjaitan dalam pemungutan suara untuk menentukan Ketua KPK. Saat uji kelayakan dan kepatutan, ia diketahui memiliki tabungan sejumlah 20 juta rupiah dan dan sebidang tanah di Jonggol, citra raya dan Bumi Serpong Damai di Tangerang. 

Lima Pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) 2015-2019
  • Agus Rahardjo (Ketua KPK)
  • Basaria Panjaitan
  • Alexander Marwarta
  • Laode M Syarif
  • Saut Situmorang
Itulah sedikit nformasi mengenai Profil dan Biografi Agus Raharjo Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Indonesia. [Source]

Share this

Baca Juga

Previous
Next Post »